cara membudidayakan kelinci

Panduan Ternak Kelinci yang Baik dan Benar

Cara Ternak Kelinci – Baik itu kelinci pedaging ataupun kelinci hias, bisnis ternak kelinci selalu menarik untuk dipelajari. Hal tersebut dikarenakan kelinci menjadi salah satu pilihan ternak yang mempunyai potensi bisnis yang menjanjikan selain ternak sapi dan kambing.

Pada sektor kuliner, permintaan daging kelinci di Indonesia ternyata cukup besar. Tawaran daging kelinci ini mulai dari swalayan dan restorean. Tapi sayangnya, permintaan yang tinggi ini tidak dibarengi dengan supply yang konsisten. Akibatnya banyak permintaan pasar yang pada akhirnya tidak terpenuhi.

Nah jika anda tertarik untuk mengambil peluang budidaya ternak kelinci ini, kami akan membagikan panduan cara ternak kelinci yang gratis.

Cara Ternak Kelinci yang Gratis Tanpa Ribet

Berikut ini adalah cara ternak kelinci gratis tanpa ribet yang kami kutip dari tipsbudidaya.com, antara lain.

1. Memilih Indukan Kelinci

Sama seperti hewan kucing, ada banyak sekali jenis dari kelinci di dunia ini. Tapi kelinci yang sering dibudidayakan adalah kelinci penghasil daging, kulit rambut, atau wool. Kelinci wool adalah kelinci dari jenis Kelinci Angora, Fuzzy lop, dan jersey wooly.

Kelinci daging berasal dari jenis kelinci new zealand, flemish giant, dan california. Kelinci kulit rambut berasal dari jenis satin, kelinci reza, dan kelinci rex. Sedangkan kelinci yang sering digunakan sebagai kelinci hias adalah angora, rex, french lop, dwarf, dan lain sebagainya.

2. Mempersiapkan Kandang Kelinci

Kandang merupakan sarana utama yang harus anda perhatikan, apalagi jika anda ingin membudidayakan kelinci dalam jumlah yang banyak. Walaupun pada praktiknya, kelinci ini bisa berkembang biak tanpa kandang, tapi dengan adanya kandang tentu bisa membuat lebih mudah dalam mengontrol perkembangan dan kesehatan.

Kandang yang ideal untuk kelinci memiliki suhu 21 derajat C, dengan sirkulasi udara lancar, tidak terkena pencahayaan yang cukup serta terlindung dari predator seperti anjing/ular.

3. Pemberian Pakan

Di habitat aslinya kelinci memakan daun-daunan, buah-buahan, dan biji-bijian tertentu. Maka jika anda ingin membudidayakan kelinci di dalam kandang, anda juga harus memberikan pakan kelinci sesuai dengan kebutuhannya.

Sebagaimana mamalia lainnya, kelinci juga membutuhkan karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin untuk pertumbuhan yang optimal. Sedangkan untuk anak kelinci, harus ditambahi dengan nutrisi yang baik dan air susu dari induknya.

Nah itulah beberapa cara membudidayakan kelinci yang harus anda perhatikan. Bagaimana? Tertarik membudidayakan kelinci?