jenis jenis majas perbandingan

Macam-Macam Majas Perbandingan dan Contohnya

Secara garis besar, majas hanya terdapat empat jenis saja. Pembagian jenis majas ini didasarkan pada perbedaan cara pengungkapan dan makna kias yang terkandung dalam kalimat tersebut.

Keempat jenis tersebut adalah Perbandingan, Majas Pertentangan, Penegasan, dan Sindiran. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai macam-macam majas perbandingan berserta dengan contohnya, simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Majas Perbandingan

Majas Perbandingan adalah majas yang mengungkapkan suatu perbandingan. Ada banyak cara untuk membandingkan dua atau beberapa hal yang berbeda dan lazim digunakan oleh para penulis, yaitu:

1. Majas Personifikasi

Adalah majas dengan gaya bahasa yang menyerupakan benda mati seolah-olah bisa hidup seperti makhluk hidup. Misalnya saja seperti:

  • Air hujan pagi ini menyapa bumi.
  • Tisu itu melambai-lambai karena tertiup angin.

2. Majas Metafora

Adalah majas dengan gaya bahasa yang menjadikan sifat suatu benda untuk menggambarkan sifat suatu hal yang lain. Misalnya saja seperti:

  • Sifatnya yang baik, menjadikan IndriĀ anak emasĀ bagi guru-guru yang ada di sekolah.

3. Majas Asosiasi

Adalah majas dengan gaya bahasa yang digunakan untuk memberikan perbandingan antar 2 (dua) objek berbeda yang dianggap memiliki kesamaan. Ciri utama dari majas ini adalah ditandai dengan adanya kata seperti bagaikan, seperti, atau bak. Misalnya saja seperti:

  • Sikapnya memang keras seperti besi
  • Wajahnya murung bak air comberan.

4. Majas Hiperbola

Adalah majas dengan gaya bahasa yang melebih-lebihkan suatu hal yang diungkapkan, bahkan terkadang tidak masuk akal. Misalnya saja seperti:

  • Rasa sakit ini benar-benar merobek hatiku.
  • Suaranya jelek seperti ingin menghancurkan dunia.

5. Majas Eufimisme

Adalah majas dengan gaya bahasa yang menggunakan kata sopan maupun sepadan, supaya mempunyai kesan yang lebih etis saat disampaikan ke orang lain. Misalnya saja seperti:

  • Banyak masyarakat yang masuk ke kategori kurang mampu.
  • Aku sangat peduli dengan temanku yang mengalami tuna rungu.

6. Majas Tropen

Adalah majas dengan gaya bahasa yang bisa atau sejajar untuk menggambarkan suatu kondisi. Misalnya saja seperti:

  • Riski sudah pergi jauh menyebrangi pulau ini,maka sebaiknya kamu tidak perlu mengalami kesedihan yang panjang.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai Macam-Macam Majas Perbandingan dan Contohnya. Jika adna masih bingung, silahkan tulis pertanyaan anda di kolom komentar.