Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia

Sebagai salah satu sumber energi dalam ekosistem alam kita, ketersediaan gas alam di Negara Indonesia juga sangat banyak. Selain itu gas alam juga memiliki pengaruh yang signifikan dalam kehidupan masyarakat.

Gas alan yang mempunyai komponen dasar berupa metana ini terbentuk karena dari sisa-sisa makhlik hidup, baik itu tumbuhan maupun hewan yang mengendap di bawah kerak bumi. Tekanan besar dari lapisan dlaam bumi dan suhu tinggi membuat sisa-sisa makhluk hodup tersebut mengalami proses alami yang pada akhirnya menjadi batubara, gas alam dan minyak bumi.

Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia

Berikut ini adalah 4 daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia yang kami kutip dari ilmutambang.com, antara lain:

1. Jawa Barat

Daerah yang pertama adalah Tanah Sunda/Jawa Barat, Provinsi Jawa Barat ini menyimpan gas alam yang sangat melimpah di perut bumi. Salah satu produk pengolahan gas alam yang menjadi andalan di Provinsi Jawa Barat adalah gas salam cair, yang umumnya digunakan untuk kepentingan industri dalam negeri.

Dikarenakan adanya kekayaan potensi gas alam yang sangat melimpah di provinsi ini, pemerintah suudah mendirikan PT Nusantara Regas yang merupakan hasil kerjasama antara PT Perusahaan Gas Negara dan PT Pertamina.

2. Kepulauan Riau

Riau merupakan daerah penghasil gas alam terbesar yang ada di Indonesia. Provinsi yang ada di pantai timur ini bukan hanya terkenal karena wisata pantainya saja, disini juga menyimpan cadangan gas alam yang cukup besar.

Di provinsi ini proses penambangan dan pengolahan gas alam dilakukan oleh PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Saat ini gas alam memang menjadi salah satu sektor industri terpenting di Kepulauan Riau, karena kekayaan gas alamnya sangat melimpah.

3. Papua Barat

Pusat pertambangan dan pengolahan gas alam di provinsi ini dibangun oleh pemerintah di Teluk Bintuni, Provinsi papua Barat. LNG Tanggu adalah mega proyek yang digarap oleh pemerintah untuk memanfaatkan potensi kekayaan gas alam di Bumi Papua ini.

Saking melimpahnya cadangan gas alam di Papua Barat, Indonesia masih bisa bertahan sebagai salah satu negara dengan menyupai gas alam terbesar di dunia. Sebelumnya posisi Indonesia sebagai salah satu negara penyuplai gas alam akan terancam, lantaran pertambangan gas alam di Aceh mengalami penipisan stok gas alam.

4. Kalimantan Timur

Salah satu titik pertambangan terpenting di Kalimantan Timur terletak di blok Mahakam. Industri pertambangan gas alam di Kalimantan Timur menyuplai bahan baku yang sangat penting untuk perusahaan-perusahaan penyangga perekonomian daerah.

Cadangan gas alam yang ada di perut bumi Kalimantan Timur sangat melimpah, yakni sekitar 13,83 TCF di Samarinda. Sedangkan produksi gas alam Kalimantan Timur sendiri mencapai 607,15 juta TCF, maka tidak heran jika Kalimantan Timur dianggap sebagai daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia.

Nah itulah beberapa daerah penghasil gas alam di negara Indonesia.